Tafsiran Mars PLH SMAN 8 Pekanbaru

Posted by G R E E N | Posted in

MARS PLH
(Pendidikan Lingkungan Hidup)



Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah
Tafsiran : Tuhan telah menciptakan alam yang begitu sempurna, asri dan indah untuk umatNya. Sebagai umatNya (manusia) kita harus memelihara alam pemberianNya sesuai dengan amanahNya. Manfaatkan alam seperlunya untuk pengetahuan, kehidupan dan sarana yang membuat kita semakin mendekatkan diri kepadaNya. Jangan mengeksploitasi alam terlalu berlebiha (jangan rakus), karena hal itu hanya akan merusak alam kita.
Karya agungNya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagad raya sujud syukur
Tafsiran: Semua yang Tuhan ciptakan bertujuan untuk memakmurkan umatNya. Setiap berkah yang telah diberikanNya pada kita harus kita balas dengan ucapan syukur kita kepadaNya. Sehingga, berkah daripadaNya terus mengalir pada kita.
Buma Buha Mata
Buka Mata Buka Hati                        2x
Memelihara alama titipan Allah
Tafsiran: Mari kita pelihara alam kita. Buka mata kita. Sadarlah akan semua kemurahanNya, mari kita rawat/pelihara alam yang telah Ia berikan kepada kita. Buka pintu hati kita, timbulkan kesadaran untuk mencintai lingkungan sekitar.

Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan langkahkan kaki
Memelihara alam titipan Illahi
Cermin insan khalifah fil ardhi
 Tafsiran: Jagalah mata dan jagalah mata hati kita untuk tidak merusak lingkungan. Tapi, timbulkanlah kesadaran dalam mencintai alam dan laksanakan gerakan-gerakan yang menambah keasrian lingkungan kita. Karena Tuhan telah menitipkan alam ciptaanNya ini kepada kita, marilah kita rawat alam titipanNya sebaik-baiknya. Mari tunjukkan sisi lingkunganmu.

***KEMBALI KE BAIT III dan IV***

Jiwa siswa SMA 8
dan Pendidikan Linkungan Hidup
Ecological Youth Environmental Source
Siswa peduli lingkugan hidup, cermin insan
Khalifah fil ardhi huuuuu fil ardhi
Tafsiran: Sebagai siswa/i SMA 8 yang telah mempelajari pendidikan menganai lingkungan hidup, dan yang telah lebih mengetahui betapa pentinganya lingkungan hidup itu secara lebih mendalam, marilah kita tunjukkan (sosialisasikan) ke masyarakat luar bahwa kita semua bisa menjadi penyelamat bumi. Mulai dari anak kecil hingga orangtua pun mampu menjadi cerminan orang-orang yang menghargai alamnya. Menjadi orang-orang yang memelihara alam berarti kita telah menaati amanah dari Sang Pencipta untuk merawat alam titiapnNya. Maka, jadilah cerminan/panutan bagi orang lain untuk lebih mengahargai alam tempat tinggalNya.

Sekian :D

Comments (0)

Posting Komentar